Poltekkes Surakarta 2022: Biaya Kuliah, Pendaftaran dan Akreditasi


Politeknik Kesehatan Poltekkes Surakarta (Polkesta Solo) berlokasi di tiga tempat yakni Mojosongo Surakarta, Colomadu Karanganyar dan Danguran Klaten. 

Kampus I sekaligus sebagai pusat akademik terletak di Jalan Letjen Sutoyo Mojosongo Surakarta, lokasi ini sebagai tempat kuliah untuk jurusan Keperawatan, Terapi Wicara dan Akupunktur.

Kampus II yang berlokasi di Jl Adi Sumarmo, Tohudan Colomadu Karanganyar sebagai kampus untuk jurusan Fisioterapi, Okupasi Terapi dan Ortotik Prostetik. 

Sementara lokasi Kampus III letaknya arah ke selatan, tepatnya di Jl Ksatrian 2 Danguran Klaten, dikhususkan untuk belajar jurusan Kebidanan, Jamu dan Analis Farmasi dan Makanan.

Biaya Kuliah

Biaya kuliah Poltekkes Surakarta menganut sistem uang kuliah tunggal, artinya semua biaya kuliah disatukan dan dibayarkan tiap semester dengan jumlah yang sama sampai lulus. 

Dalam hal ini tidak ada lagi pembebanan biaya yang berhubungan dengan akademik. Misalnya biaya praktek, seragam, tugas akhir, ujian, wisuda dan lain-lain.

Mahasiswa baru dikenakan lagi biaya jika berhubungan dengan layanan non akademik seperti asrama, atau studi banding yang diadakan sendiri. 

Besaran biaya kuliah Poltekkes Surakarta bervariatif tergantung jurusan dan program studi yang diambil.

Namun rentang biaya kuliah per semester tidak terlalu berjarak jauh, berkisar antara 5.4 Juta sampai dengan 6 Juta per semesternya. 

Rincian biaya kuliah Poltekkes Surakarta dapat dilihat pada daftar di bawah ini:

Biaya Kuliah Poltekkes Surakarta

Biaya Kuliah Poltekkes Solo

Sedangkan biaya kuliah Poltekkes Solo program sarjana terapan dan pendidikan profesi berbeda lagi, berikut daftarnya:

Pendaftaran Poltekkes Surakarta 2022

Dirangkum dari panduan seleksi penerimaan mahasiswa baru, Poltekkes Surakarta menyelenggarakan sipenmaru melalui 3 jalur:

  1. JALUR PENELUSURAN MINAT DAN PRESTASI (PMDP)
  2. JALUR KELUARGA MISKIN (GAKIN)
  3. JALUR SIPENMARU BERSAMA (SIMAMA)

Jalur PMDP diperuntukkan bagi siswa yang masih duduk di kelas XII, Jalur GAKIN dipersyaratkan bagi keluarga yang tidak mampu secara ekonomi dengan penghasilan maksimal Rp 3.000.000 per bulan. 

Sedangkan jalur SIMAMA adalah salah satu program Pusdik Badan PPSDM Kemenkes RI dimana peserta Sipenmaru yang memilih Program Studi / Jurusan di Polkesta bisa mendaftar melalui Poltekkes Kemenkes di Seluruh Indonesia melalui pendaftaran online. 

Tempat ujian tulis bisa pada Poltekkes Kemenkes terdekat dari tempat tinggal siswa TANPA harus datang di Polkesta atau yang diminati.

Usia yang dipersyaratkan untuk pendaftar jalur GAKIN dan SIMAMA  maksimal 27 tahun tanpa batasan tahun kelulusan SMA/SMK.

Jadi sangat terbuka kesempatan  jika ingin  kuliah di Poltekkes Suarakarta.

Jalur Alih Jenjang

Selain itu Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Surakarta juga membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Alih Jenjang

Program Studi yang dibuka adalah :

  1. Program Studi Terapi Wicara Program Sarjana Terapan
  2. Program Studi Terapi Okupasi Program Sarjana Terapan
  3. Program Studi Fisioterapi Program Sarjana Terapan Berlanjut Profesi
  4. Program Studi Pendidikan Profesi Fisioterapis Program Profesi
  5. Program Studi Kebidanan Program Sarjana Terapan Berlanjut Profesi

MEKANISME SELEKSI

Mekanisme Sipenmaru melalui Jalur Uji CBT (Computer Based Test). Seleksi ini dilaksanakan melalui 2 (dua) tahapan, yaitu :

1. Tahap I :

  • Seleksi persyaratan administrasi
  • Seleksi Uji CBT (Computer Based Test)

2. Tahap II : Uji Kesehatan

Panduan Sipenmaru 2022

Apakah lulusan SMK bisa mengikuti seleksi Poltekkes Surakarta? 

Berdasarkan ketentuan untuk jurusan Keperawatan, Kebidanan dan Fisioterapi hanya dikhususkan bagi SMK Jurusan Keperawatan. 

SMK semua jurusan bisa memasuki jurusan Okupasi Terapi dan Okupasi Prostetik. Sementara jurusan Terapi Wicara memperbolehkan SMK semua jurusan Non Teknik.

Sedangkan SMK jurusan kesehatan bisa mendaftar pada jurusan Akupunktur, jamu dan Analis Farmasi dan makanan.

Akreditasi Jurusan Poltekkes Solo

Akreditasi merupakan salah satu Indikator yang harus diketahui calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Akreditasi terbagi menjadi 2 yaitu Akreditasi Kampus dan Program Studi (Jurusan). 

Akreditasi institusi Poltekkes Surakarta

Saat ini Poltekkes Kemenkes Surakarta sudah Terakreditasi “B” berdasarkan keputusan BAN-PT No. 2735/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2017 yang berlaku hingg tanggal 15 Agustus 2022. Sedangkan akreditasi program studi Poltekkes Solo dapat dilihat dibawah ini:

Akreditasi Poltekkes Surakarta
Website: http://www.poltekkes-solo.ac.id/

COMMENTS

BLOGGER: 10
  1. Adakah program dr D1 Kebidanan??

    ReplyDelete
  2. Asalamualaikum,sya mau tanya,untuk umur 33 apakah masih bisa mengikuti kuliah ini?

    ReplyDelete
  3. Apakah bisa transfer D3 fisioterapi ke D4?

    ReplyDelete
  4. Ijin bertanya apakah menerima program ners dr d4? Dan akreditasinya apa?

    ReplyDelete
  5. Adakah batas usia untuk yang tubel

    ReplyDelete
  6. apakah lulusan smk kimia analis bisa masuk jurusan keperawatan ???

    ReplyDelete
  7. Apakah lulusan dari pesantren modern bisa masuk di fisioterapi?

    ReplyDelete
  8. Alih jenjang kebidanan ada gak di sni? Biaya persmester brapa ya?

    ReplyDelete
  9. Apakah bisa transfer dari d3 fisio kampus lain ke d4 fisuo disini???

    ReplyDelete

Name

Biaya Kuliah - UKT,2,Kedinasan,1,Mandiri PTN,1,Pasacasarjana,5,Pendaftaran Kuliah,1,PNBP,1,Politeknik,8,Poltekkes,23,PTS,8,Sekolah Tinggi,1,Universitas,13,
ltr
item
Data Kuliah: Poltekkes Surakarta 2022: Biaya Kuliah, Pendaftaran dan Akreditasi
Poltekkes Surakarta 2022: Biaya Kuliah, Pendaftaran dan Akreditasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhk4558E2064T682d29c4e1aVR2So3GpJXTeS7QsgrYnm4a22j5bcJwUbzsrsJwLWSJ4UR6tnhk7ncgUDzFiwcgc1VW_LjCmDG8-_ZaDUvhhFmB1ZVwZ23TZvHTr9TBHaOYuI3qFD80vqA/w640-h308/POLTEKKES+SOLO.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhk4558E2064T682d29c4e1aVR2So3GpJXTeS7QsgrYnm4a22j5bcJwUbzsrsJwLWSJ4UR6tnhk7ncgUDzFiwcgc1VW_LjCmDG8-_ZaDUvhhFmB1ZVwZ23TZvHTr9TBHaOYuI3qFD80vqA/s72-w640-c-h308/POLTEKKES+SOLO.jpg
Data Kuliah
https://www.datapun.com/2021/01/poltekkes-surakarta-biaya-kuliah.html
https://www.datapun.com/
https://www.datapun.com/
https://www.datapun.com/2021/01/poltekkes-surakarta-biaya-kuliah.html
true
4041992212548228307
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi