Biaya Kuliah UII Yogyakarta 2018 - 2019

Proses seleksi atau jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia (UII)Tahun Akademik dilaksanakan melalui 4 (empat) pola seleksi yaitu:
  1. Computer Based Test (CBT), yaitu pola seleksi yang dilakukan secara daring (online), baik yang dilaksanakan di Kampus Terpadu Ull maupun beberapa lokasi di luar Kampus Terpadu Ull. Seleksi CBT di luar Kampus Terpadu Ull diselenggarakan di SMA/MA di beberapa wilayah kota/kabupaten yang menjadi mitra Ull sebagai penyelenggara seleksi CBT.
  2. Paper Based Test (PBT), yaitu pola seleksi tes tertulis yang terdiri atas pola PBT Potensi dan PBT Mandiri. Pola seleksi PBT diselenggarakan di Kampus Terpadu Ull sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. 
  3. Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), yaitu pola seleksi yang dilakukan untuk memberi kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi di bidang akademik, olah raga, seni, dan budaya untuk masuk menjadi mahasiswa Ull tanpa melalui ujian tertulis. Proses seleksi ini juga ditawarkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) dan/atau berlatar belakang dari keluarga kurang mampu (duafa) dan memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memiliki prestasi akademik yang tinggi untuk menjadi mahasiswa Ull.
  4. Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), yaitu pola seleksi yang dltujukan untuk siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang tinggi dan hafal Alquran minimal 10 juz.
Keempat pola seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut diberlakukan untuk semua program studi Diploma (D3) dan Sarjana (SI) yang ditawarkan di Ull.

Khusus untuk program studi Pendidikan Dokter, proses seleksi terdiri atas dua tahap seleksi, yaitu
(1) seleksi tahap pertama melalui CBT, PBT, PSB, atau PHA dan 
(2) seleksi tahap kedua berupa ujian komprehensif.

Seleksi Tahap Kedua (Khusus Prodi Pendidikan Dokter]

Seleksi ini khusus ditujukan untuk calon mahasiswa yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter, dan telah dinyatakan lulus ujian CBT, PBT, PSB, atau PHA. Seleksi tahap kedua ini meliputi Ujian Komprehensif (ujian tulis kemampuan penalaran, tes psikometri, wawancara, dan pemeriksaan dokumen).

Seleksi ini menentukan kelulusan calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, namun tidak mengubah besarnya Dana Catur Darma yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dokumen asli dan salinannya yang diperiksa meliputi:
1) Akta Kelahiran (disyaratkan maksimal berusia 21 tahun (khusus Program Studi Pendidikan Dokter pada saat mendaftar).
2) Rapor SMA atau sederajat Jurusan IPA (MIA) Semester 2,3, dan 4 atau Semester 3,4, dan 5.

Program Studi dan Akreditasi Jurusan UII Yogyakarta


Biaya Kuliah UII

Komponen Biaya Kuliah UII meliputi :
  1. SPP: Tetap/semester dan Variabel/SKS 
  2. Dana Pengembangan 
  3. Dana Sistem Informasi & Pembinaan Mahasiswa 
  4. Laboratorium Fakultas/tahun 
  5. Dana Kemahasiswaan/tahun 
  6. Asuransi/tahun
Keterangan:

1. SPP dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali;
  • SPP tetap dibayar pada Angsuran I dan III;
  • SPP variabel dibayar pada Angsuran II dan IV.
2. Dana Pengembangan hanya dibayar pada tahun pertama, diangsur 4 kali pada Angsuran I, II, III dan IV.

3. Dana Sistem Informasi/TI dan Pembinaan Mahasiswa dibayar 4 kali dalam setahun, pada Angsuran I, II, III dan IV selama 3 tahun

4. Dana Laboratorium:
  • Dana Laboratorium Fakultas TSP dan Fak.Teknologi Industri dibayar 4 kali dalam setahun, pada angsuran I, II, III dan IV selama 3 tahun
  • Dana Laboratorium Fak. Ekonomi, Fak. Hukum, Fak. Ilmu Agama Islam dan Fak.Psikologi & llmu Sosial Budaya dibayar 2 kali dalam setahun, pada angsuran I dan III selama 3 tahun
  • Dana Laboratorium Fak. MIPA dibayar 3 kali dalam setahun, pada angsuran I, II dan III selama 3 tahun
  • Dana Laboratorium Fakultas Kedokteran dibayar 4 kali dalam setahun, pada angsuran I, II, III dan IV selama 3,5 tahun
5. Dana kemahasiswaan dan asuransi dibayar setiap tahun.

Daftar Biaya Kuliah UII Yogyakarta dan Perkiraan Biaya sampai Lulus

0 comments:

Post a Comment