Penerimaan CPNS 2017 - BMKG

Jadwal dan Lokasi SKD BMKG 

Menindaklanjuti Pengumuman Nomor KP.207/010/SU/X/2017, bersama ini kami sampaikan pengumuman pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil BMKG dengan pembagian jadwal lokasi dan jam pelaksanaan tercantum dalam lampiran pengumuman ini.
Tanggal dan lokasi pelaksanaan adalah sebagai berikut:


1. Jadwal dan waktu untuk masing-masing sesi terdapat dalam lampiran pengumuman ini. Peserta WAJIB memahami pengaturan waktu yang telah ditentukan. 
2. Peserta diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan melalui www.bmkq.qo.id
3. Pada saat pelaksanaan SKD, Panitia akan melakukan pemeriksaan kepada seluruh peserta
4. Untuk kelancaran dan ketertiban dalam pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar peserta wajib :
a. Membawa Kartu Peserta Asli yang sudah ditempelkan foto
b. KTP Asli
c. Ballpoint/ pulpen
d. Memakai kemeja putih tanpa corak, bawahan hitam (celana panjang untuk pria, celana /rok untuk wanita) dan bagi peserta wanita yang menggunakan jilbab, warna hitam polos.
e. Hadir 90 menit sebelum pelaksanaan SKD dimulai
f. Mematuhi tata tertib pelaksanaan SKD dan tidak membawa barang atau alat bantu yang tidak diijinkan ke dalam ruangan SKD
5. Kelalaian peserta dalam membaca dan memahami pengumuman menjadi tanggung jawab peserta.
6. Bagi peserta yang tidak dapat hadir dan/ atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan, maka dinyatakan gugur.
7. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri, Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan di luar tanggung jawab panitia

Pengumuman Penerimaan CPNS BMKG 2017

Menunjuk Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 61 Tahun 2017 tanggal 31 Agustus 2017, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia pria dan wanita yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditugaskan di unit kerja Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

NAMA JABATAN, KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN JUMLAH FORMASI CPNS BMKG 2017





II. KETENTUAN UMUM CPNS BMKG

1. Pelamar diwajibkan untuk membaca, memahami, dan memperhatikan keseluruhan persyaratan dan proses pelaksanaan seleksi CPNS BMKG Tahun Anggaran 2017.

2. Kebutuhan dari masing-masing jabatan di peruntukan bagi pelamar dengan kriteria :

a. Cumlaude adalah pelamar lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude/pujian pada ijasah atau transkrip nilai.

b. Disabilitas adalah pelamar yang menyandang disabiltas/berkebutuhan khusus dengan kriteria mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik , menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi.

c. Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria :

1) Menamatkan pendidikan Sekolah Dasar atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama atau yang sederajat, Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat dibuktikan dengan fotokopi ijazah tersebut yang dilegalisir atau ;
2) Garis keturunan orang tua (bapak) asli papua dan papua barat dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran pelamar, Fotokopi KTP bapak (ayah kandung) dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan / desa (formulir terlampir).

d. Umum adalah pelamar yang tidak termasuk dalam kriteria sebagaimana huruf a, b dan c diatas.

3. Pelamar sebagaimana angka 2 wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini

III. PERSYARATAN 
CPNS BMKG

III. 1 Persyaratan Pelamar Formasi Umum
III. 2 Persyaratan Pelamar Formasi Cumlaude
III. 3 Persyaratan Formasi Putra-Putri Papua
III. 4 Persyaratan Formasi Disabilitas

Lihat di pengumuman pdf

III.5 Persyaratan Khusus untuk Jabatan Pengamat Meteorologi dan Geofisika

Bagi pelamar untuk formasi jabatan Pengamat Meteorologi dan Geofisika, jabatan tersebut bertanggung jawab dalam pelaksanaan pengamatan, pengolahan data dan pemberian informasi selama 24 jam. Sehingga pejabat PMG harus bersedia untuk menjalani tugas shift malam.

IV. TATA CARA PENDAFTARAN CPNS BMKG

1. Pelamar kemudian melakukan pendaftaran dan pengunggahan dokumen secara online melalui situs https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga :

a. Scan Surat lamaran ditujukan kepada Kepala BMKG di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp.6000,- dan ditandatangani dengan tinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh di laman : https://sscn. bkn. go. id)
b. Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
c. Scan Asli Ijazah dan Transkrip Nilai
d. File Pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 4x6
e. Scan Surat pernyataan yang diketik dengan menggunakan komputer, bermaterai Rp.6.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan dapat diunduh di laman : https://sscn. bkn. go. id) ;

2. BMKG akan melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar dengan menggunakan Sistem Computer Assisted Test yang dilaksanakan di 5 (lima) lokasi, yang dapat dipilih pada saat pendaftaran sesuai dengan lokasi terdekat pelamar, antara lain :

a. Jakarta : CAT Mandiri, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi & Geofisika
b. Medan : Kanreg VI Medan
c. Denpasar: Kanreg BKN X Denpasar
d. Makassar: Kanreg BKN IV Makassar
e. Jayapura : Kanreg BKN IX Papua

3. Setelah melakukan pendaftaran secara online dan mendapatkan kartu pendaftaran, pelamar mengirimkan salinan dokumen yang telah diunggah dan berkas pendukung lain yakni sebagai berikut:

a. Dokumen (print out) Kartu Pendaftaran Registrasi Online
b. Surat lamaran yang ditujukan kepada Kepala BMKG di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp.6000,- dan ditandatangani dengan tinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh di laman : https://sscn. bkn.go. id)
c. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
d. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sesuai ketentuan dalam persyaratan dan disertai bukti akreditasi yang tertera dalam ijazah atau transkrip nilai pada saat ijazah tersebut dikeluarkan. Apabila akreditasi tidak tertulis dalam ijazah, maka dibuktikan dengan surat keterangan dari Fakultas.
e. Pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 4 x 6 (4 lembar)
f. Surat pernyataan yang diketik dengan menggunakan komputer, bermaterai Rp.6.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan dapat diunduh di laman : https://sscn.bkn.go.id) ;
g. Untuk formasi formasi pelamar Papua dan Papua Barat wajib melampirkan bukti:

1) Menamatkan pendidikan Sekolah Dasar atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama atau yang sederajat, Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat dibuktikan dengan fotokopi ijazah tersebut yang dilegalisir; atau
2) Garis keturunan orang tua (bapak) asli papua dan papua barat dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran pelamar, Fotokopi KTP bapak (ayah kandung) dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan / desa .

Berkas lamaran dimasukkan ke dalam amplop warna coklat dan di sudut kanan atas ditempel potongan nomor pendaftaran registrasi online sebanyak 1 (satu) rangkap, paling lambat pada tanggal 26 September 2017 pukul 15.00 WIB ditujukan kepada:

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika 
u.p. Panitia Rekrutmen CPNS BMKG 
d.a Jl. Angkasa I No. 2, Kemayoran Jakarta Pusat 10720 

V. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI CPNS BMKG

V. 1 Tahapan seleksi terdiri dari:

1. Seleksi Administrasi :

a. Kelulusan seleksi administrasi berdasarkan hasil verifikasi dokumen yang diunggah dan dokumen yang diterima Panitia
b. Bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu peserta ujian dari laman https://sscn.bkn.go.id
c. Hanya pelamar yang lulus seleksi administrasi dan yang memiliki kartu peserta ujian yang dapat mengikuti SKD

2. Seleksi Kompetensi Dasar

a. Peserta yang lulus seleksi administrasi berhak mengikuti SKD sesuai dengan lokasi tes yang dipilih
b. SKD memiliki bobot 40%
c. Peserta yang lulus seleksi kompetensi dasar sebanyak 3 (tiga) kali formasi yang selanjutnya berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang

3. Seleksi Kompetensi Bidang

Seleksi kompetensi bidang memiliki bobot 60% dengan pelaksanaan :
a. performance test yang disesuaikan dengan jabatan dan pendidikan yang dibutuhkan dalam jabatan bobot 50 %
b. psikotes dan wawancara dengan bobot 50%.

4. Pengumuman Hasil Seleksi Akhir dan Kelulusan

a. Hasil seleksi akhir merupakan nilai integrasi dari nilai SKD dan SKB sesuai dengan Permenpan Nomor 20 Tahun 2017
b. Pelamar yang dinyatakan lulus wajib melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pemberkasan CPNS. Apabila sampai batas waktu yang ditetapkan tidak melengkapi berkas persyaratan, maka dianggap mengundurkan diri
c. Apabila peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri / digugurkan, maka panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik di bawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat
d. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau di kemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang tidak sesuai / tidak benar, Panitia Seleksi dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan.
e. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2017 apabila alokasi kebutuhan untuk putra-putri lulusan terbaik (cumlaude / dengan pujian), penyandang disabilitas dan putra/putri Papua dan Papua Barat tidak dapat dipenuhi maka dapat dipenuhi dari pelamar lain yang mendaftar pada jabatan yang bersesuaian dan memenuhi nilai ambang batas berdasarkan peringkat,
f. Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat

V. 2 JADWAL TENTANTIF PELAKSANAAN CPNS BMKG



Catatan : Jadwal dan waktu dapat berubah sesuai dengan kondisi dalam seleksi

VI. LAIN-LAIN
  1. Peserta yang tidak hadir dan atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan, dinyatakan gugur 
  2. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan. Para peserta, keluarga peserta dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun yang dilarang dalam peraturan perundang-undangan terkait pelaksanan seleksi CPNS BMKG. Apabila diketahui maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan digugurkan kelulusannya. 
  3. Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya. 
  4. Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat. 
  5. Informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS BMKG dapat dilihat di laman httos://sscn.bkn.go.id dan www.bmkg.go.id dan disarankan untuk memantau situs dimaksud 
  6. Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS BMKG bisa didapatkan melalui media : 
  • Telepon : 021 - 4246321 ext 1158 pada hari Senin s.d Jumat pukul 08.30 WIB s.d pukul 16.00 WIB 
  • Whatsapp dan sms di nomor : 0812 9581 2306 pada hari Senin s.d Minggu pukul 08.30 s.d pukul 17.00 WIB 
  • Help-Desk Seleksi CPNS di Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Gedung C lantai 1 Kantor BMKG Pusat, Jl. Angkasa 1 Nomor 2 Kemayoran Jakarta Pusat, pada hari Senin s.d Jumat pukul 08.30 WIB s.d pukul 16.00 WIB Website www.bmkg.go.id dan twitter @infoBMKG
Download :

0 comments:

Post a Comment