Penerimaan CPNS 2017 - Basarnas

Jadwal dan Lokasi SKD Basarnas

Lampiran Jadwal Lokasi dan Nama Peserta SKD Basarnas

Pengumuman Penerimaan CPNS Basarnas 2017

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2017 tanggal 31 Agustus 2017 tentang Kebutuhan Pegawai Tahun 2017 Aparatur Sipil Negara di lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, maka Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan akan melaksanakan seleksi penerimaan CPNS Formasi Umum Tahun Anggaran 2017.

I. NAMA JABATAN, KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN JUMLAH FORMASI FORMASI UMUM CPNS BASARNAS 2017





II. PERSYARATAN PELAMAR CPNS BASARNAS
  1. Warga Negara Indonesia, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta Negara dan Pemerintah Republik Indonesia. 
  2. Memiliki ijazah Diploma III (D3) baik dari lulusan perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan akreditasi A atau B atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/ Ristekdikti, atau memiliki ijazah SMK/SMU atau yang sederajat negeri atau swasta yang berstatus diakui. 
  3. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pindana kejahatan, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). 
  4. Tidak mengkonsumsi/ menggunakan narkotika, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mengkonsumsi/ Menggunakan Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Aditif lainnya dari Unit pelayanan kesehatan Pemerintah. 
  5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/ Anggota TNI/POLRI maupun sebagai pegawai swasta yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp.6.000,- 
  6. Tidak sedang berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, atau Pegawai Negeri Sipil atau anggota TNI/POLRI, dan tidak sedang terikat perjanjian atau kontrak kerja dengan instansi lain, yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp.6.000,- 
  7. Sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dibuat oleh Dokter Rumah Sakit Pemerintah. 
  8. Bersedia ditempatkan pada unit kerja sesuai dengan pilihan pada pendaftaran on line yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,- 
  9. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,- 
  10. Bersedia mengikuti seluruh proses tahapan seleksi pada waktu dan tempat yang ditentukan Panitia atas biaya sendiri 
(persyaratan angka 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9 dilengkapi setelah Pelamar dinyatakan lulus seleksi dan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/ CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Tahun 2017)

III. PERSYARATAN KHUSUS CPNS BASARNAS

1. Usia

a. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun pada tanggal 1 September 2017 untuk semua jenjang pendidikan (Diploma III (D-lll), dan SMK/SMU atau yang sederajat).
b. Berusia setinggi-tingginya pada tanggal 1 Desember 2017 :

1) berusia 25 (dua puluh lima) tahun bagi pelamar sebagai Rescuer;
2) berusia 35 (tiga puluh lima) tahun bagi pelamar non Rescuer (Awak Buah Kapal).

2. Bagi pelamar Rescuer:

a. Untuk pelamar pria, memiliki tinggi badan minimal 165 cm serta memiliki berat badan normal.
b. Untuk pelamar wanita, memiliki tinggi badan minimal 155 cm serta memiliki berat badan normal.
c. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama 2 (dua) tahun sejak diangkat sebagai CPNS.
d. Mampu berenang, dan apabila diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan wajib menyerahkan fotokopi sertifikat renang.
e. Memenuhi persyaratan fisik dan kesehatan dasar.

3. Rata-rata Nilai STTB dan Indek Prestasi Kumulatif (IPK):

a. Bagi yang berijazah SMK/SMU atau yang sederajat memiliki nilai rata-rata STTB > 7,0.
b. Bagi pelamar yang berijazah Diploma-III (D-lll)

1) Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi A, nilai IPK>2,75.
2) Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi Terakreditasi B, nilai IPK > 3.

4. Pelamar Rescuer untuk mengisi formasi di Kantor SAR Kelas B Manokwari diutamakan bagi mereka yang berasal dari Papua/ Papua Barat yang sesuai dengan Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2017, yaitu:

a. Menamatkan pendidikan Sekolah Dasar atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Pertama atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat, dibuktikan dengan Fotokopi ijazah yang dilegalisir; atau
b. Garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua dan Papua Barat, dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran pelamar, Fotokopi KTP bapak (ayah kandung) dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/desa (formulir terlampir)

5. Tidak bertato terkecuali pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat.

6. Tidak bertindik terkecuali bagi wanita hanya untuk anting/giwang atau pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat.

IV. TATA CARA PENDAFTARAN 
CPNS BASARNAS

1. Pelamar melakukan pendaftaran secara Online melalui laman https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

2. Bagi Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara Online akan mendapatkan lembar bukti pendaftaran yang harus dicetak.

3. Setelah mendapatkan lembar pendaftaran, pelamar mengirimkan berkas administrasi ke PO. BOX 1844 JKP 10018 yang terdiri dari :

a. Surat lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri oleh pelamar yang ditujukan kepada:

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan 
Up. Panitia Penerimaan CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Tahun 2017 
di Jakarta 

b. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil);
c. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan, dan dilegalisir oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik, atau Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik, atau Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah
d. Pasfoto terbaru ukuran 3x4 cm berlatar belakang merah sebanyak 2 (dua) lembar dengan mencantumkan nama dibelakang foto tersebut.
e. Surat Pernyataan yang ditandatangani diatas materai yang menyatakan bahwa dokumen yang disampaikan adalah benar.
f. Surat pernyataan yang ditandatangani diatas materai yang menyatakan bebas narkoba.
g. Lembar bukti pendaftaran yang dicetak dari laman https://sscn.bkn.go.id

4. Semua kelengkapan berkas administrasi tersebut disusun rapi sesuai dengan urutan dan dimasukan dalam map, serta selanjutnya map tersebut dimasukan kedalam amplop coklat, dan pada bagian kanan depan amplop wajib dicantumkan kualifikasi pendidikan, jabatan yang dilamar, serta unit kerja yang dilamar, yang ditulis dengan huruf kapital.

5. Pada bagian belakang amplop agar dituliskan dengan huruf kapital Nama Pelamar, alamat tempat tinggal tetap (alamat surat) dan nomor telepon yang dapat dihubungi secara jelas dan lengkap.

6. Kelengkapan berkas administrasi tersebut paling lambat diterima oleh Tim Penerimaan CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan pada tanggal 28 September 2017 pukul 16.00 WIB.

VI. JADWAL SELEKSI CPNS BASARNAS


*apabila ada perubahan jadwal akan diinfokan kembali melalui http:/www.basarnas.go.id

VI. TAHAPAN SELEKSI 
CPNS BASARNAS

1. Seleksi pengadaan CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dilakukan melalui tahapan:

a. Seleksi Administrasi
b. Seleksi Kompetensi Bidang dengan sistem gugur (bobot 60%)
c. Seleksi Kompetensi Dasar/ SKD dengan Computer Assisted Test/ CAT (bobot 40%)

2. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara online melalui https://sscn.bkn.go.id pada tanggal 2 s.d. 6 Oktober 2017.
3. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang dilakukan pada 9 s.d. 13 Oktober 2017 dengan membawa kartu peserta seleksi yang telah dicetak secara online.
4. Seleksi Kompetensi Bidang bagi pelamar Rescuer dengan sistem gugur yang meliputi:

a. Tes Kesehatan Dasar : pemeriksaan fisik termasuk pengukuran tinggi badan dan berat badan dan kesehatan jantung, mata/penglihatan, dan paru-paru
b. Seleksi Kesemaptaan Jasmani A dan B yang terdiri atas:

1) Seleksi Kesamaptaan Jasmani A meliputi kemampuan lari dalam waktu 12 menit;
2) Seleksi Kesamaptaan Jasmani B meliputi :

a) kemampuan puli up dalam waktu 1 menit;
b) kemampuan push up dalam waktu 1 menit;
c) kemampuan sit up dalam waktu 1 menit; dan
d) kemampuan shuttle run sebanyak 3 kali dengan jarak 10 meter
c. Seleksi Ketangkasan:
1) kemampuan renang minimum 50 meter;
2) kemampuan mengapung di air (water trappen) selama 2 menit.

d. Tes Fobia ketinggian

5. Seleksi Kompetensi Bidang bagi pelamar non Rescuer meliputi

a. Tes Kesehatan Dasar : pemeriksaan fisik termasuk pengukuran tinggi badan dan berat badan dan kesehatan jantung, mata/penglihatan, dan paru-paru
b. Seleksi Kesemaptaan Jasmani A dan B yang terdiri atas:
1) Seleksi Kesamaptaan Jasmani A meliputi kemampuan lari dalam waktu 12 menit;
2) Seleksi Kesamaptaan Jasmani B meliputi :

a) kemampuan puli up dalam waktu 1 menit;
b) kemampuan push up dalam waktu 1 menit;
c) kemampuan sit up dalam waktu 1 menit; dan
d) kemampuan shuttle run sebanyak 3 kali dengan jarak 10 meter

c. Seleksi Ketangkasan:
1) kemampuan renang minimum 50 meter;
2) kemampuan mengapung di air (water trappen) selama 2 menit.

6. Pelamar yang lulus Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan diumumkan untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada tanggal 18 Oktober 2017 melalui https://sscn.bkn.go.id;

7. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilaksanakan antara tanggal 23 s.d. 26 Oktober 2017 yang tempat pelaksanaannya akan diberitahukan dengan pengumuman melalui https://sscn.bkn.go.id;

8. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT);

9. Pada saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) peserta wajib membawa KTP asli dan kartu peserta seleksi;

10. Apabila peserta Seleksi Kompetensi Dasar/SKD tidak membawa persyaratan sebagaimana tersebut pada point 9, peserta tidak dapat mengikuti Seleksi dan dinyatakan gugur. Demikian pula apabila peserta Seleksi Kompetensi Dasar tidak hadir pada waktu/jadwal dan tempat yang telah ditentukan, maka peserta tidak dapat mengikuti ujian berikutnya dan dinyatakan gugur;

11. Kelulusan akhir ditentukan berdasarkan hasil intergrasi Seleksi Kompetensi Bidang dan Seleksi Kompetensi Dasar yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

VII. PENGUMUMAN AKHIR YANG DINYATAKAN LULUS DAN DITERIMA SEBAGAI CPNS BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DIRENCANAKAN AKAN DILAKSANAKAN PADA TANGGAL 20 NOVEMBER 2017 MELALUI https://sscn.bkn.go.id.

VIII. KETENTUAN LAIN-LAIN

  1. Surat Lamaran yang dikirim kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan sebelum adanya pengumuman ini atau yang melampaui batas waktu yang ditetapkan dalam pengumuman ini, dinyatakan dan dianggap tidak berlaku; 
  2. Panitia tidak melayani lamaran yang diserahkan secara langsung selain melalui PO BOX yang telah ditentukan; 
  3. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Dihimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain; 
  4. Dalam seleksi penerimaaan Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Tahun Anggaran 2017, pelamar tidak dipungut biaya apapun; 
  5. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap segala pungutan yang dibebankan kepada para pelamar atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Panitia atau Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, dan hal tersebut merupakan tindakan penipuan. Kepada peserta, keluarga dan pihak-pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun yang dilarang dalam peraturan perundang-undangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan, dan apabila diketahui maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku serta digugurkan kelulusannya. Untuk itu diharapkan pelamar tidak melayani tawaran-tawaran yang menjanjikan kemudahan dalam penerimaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil 2017; 
  6. Pelamar dilarang berkomunikasi dengan pejabat/pegawai Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Panitia Pengadaan CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dalam kaitannya dengan proses seleksi; 
  7. Pelamar diwajibkan proaktif untuk memantau informasi lanjutan mengenai penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Tahun Anggaran 2017 ini melalui informasi resmi yaitu https://sscn.bkn.go.id. sehingga apabila terjadi kelalaian pelamar yang tidak mengikuti perkembangan pelaksanaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Tahun 2017, maka menjadi tanggung jawab pelamar dan Panitia tidak bertanggungjawab atas kelalaian pelamar dimaksud; 
  8. Pelamar tidak diperkenankan melampirkan dokumen-dokumen lain selain yang telah ditentukan dalam pengumuman ini. 
  9. Berkas lamaran yang telah diterima oleh Panitia menjadi hak milik Panitia, dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar. 
  10. Setiap pelamar yang memberikan data dan informasi tidak benar dan bersifat merugikan, akan dibatalkan kelulusannya dan dapat dituntut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
  11. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 
  12. Panitia tidak melayani komunikasi dengan pelamar baik secara langsung maupun telepon ataupun melalui surat menyurat diluar melalui PO BOX yang telah ditentukan. 
  13. Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Tahun 2017 dapat menghubungi Call Center yang dapat dihubungi: 
  • Telepon (021) 65701116/65867510 ext. 1431/1432/1433 pada hari Senin s.d. Jumat pukul 08.30 s.d. 16.00 WIB; 
  • Twitter @cpnsSAR2017 pada hari Senin s.d. Minggu pukul 08.30 s.d. 16.00 WIB. 
Download Pengumuman pdf

0 comments:

Post a Comment