Penerimaan CPNS 2017 - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 72 tanggal 31 Agustus Tahun 2017 Tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan Tahun Anggaran 2017, membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia, Pria dan Wanita, berpendidikan Sarjana (S-1) untuk diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk ditempatkan pada Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan BPK di seluruh Indonesia.

I. UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN ALOKASI FORMASI (ALOKASI PENEMPATAN) CPNS BPK RI TAHUN 2017
  1. Sekretariat Jenderal 
  2. BPK Perwakilan Provinsi Aceh 
  3. BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu 
  4. BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo 
  5. BPK Perwakilan Provinsi Jambi 
  6. BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat 
  7. BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan 
  8. BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah 
  9. BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur 
  10. BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara 
  11. BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau 
  12. BPK Perwakilan Provinsi Lampung 
  13. BPK Perwakilan Provinsi Maluku 
  14. BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara 
  15. BPK Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat 
  16. BPK Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur 
  17. BPK Perwakilan Provinsi Papua 
  18. BPK Perwakilan Provinsi Papua Barat 
  19. BPK Perwakilan Provinsi Riau 
  20. BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat 
  21. BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah 
  22. BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara 
  23. BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara 
  24. BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat 
  25. BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan 
II. JABATAN, KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN JUMLAH ALOKASI FORMASI CPNS BPK RI




III. KRITERIA PELAMAR CPNS BPK RI

1. Kebutuhan dari masing-masing jabatan di peruntukkan bagi pelamar dengan kriteria :

a. Pelamar Cumlaude adalah pelamar yang lulus dengan predikat “dengan pujian” dari Perguruan Tinggi terakreditasi dengan Kategori A/Unggul dan Program Studi terakreditasi dengan Kategori A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan surat keterangan lulus cumlaude/dengan pujian pada ijazah/transkrip nilai.
b. Pelamar Disabilitas adalah pelamar yang menyandang disabilitas tuna daksa (berkebutuhan khusus dengan kriteria mampu melakukan tugas menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi).
c. Pelamar Putra/Putri Papua adalah pelamar dengan kriteria menamatkan pendidikan SD, SMP, SMA atau sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat (yang dibuktikan dengan fotokopi Ijazah yang dilegalisir) atau menurut garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua dan Papua Barat (yang dibuktikan dengan Surat Akte Kelahiran pelamar, fotokopi KTP bapak kandung dan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Desa).
d. Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, b dan c diatas.

2. Pelamar sebagaimana angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini.

IV. PERSYARATAN PELAMAR CPNS BPK RI


1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
3. Persyaratan Akademis (dalam skala 4) kecuali untuk Pelamar Cumlaude:

a. Lulusan Perguruan Tinggi sesuai jurusan dalam formasi yang telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan Kategori A, IPK minimal 2,80 (dua koma delapan nol);
b. Lulusan Perguruan Tinggi sesuai jurusan dalam formasi yang telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan Kategori B, IPK minimal 3,00 (tiga koma nol nol).

4. Persyaratan Usia Pelamar: Berusia minimal 19 dan maksimal 30 tahun pada 1 Desember 2017.
5. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil; Calon/Anggota TNI; Calon/Anggota Kepolisian pada Saat diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil pada Pelaksana BPK.
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
7. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
8. Sehat jasmani, rohani serta tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekusor, dan zat adiktif lainnya (NAPZA). Surat keterangan bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat disampaikan pada saat pemberkasan bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus semua tahapan seleksi.
9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
10. Pelamar untuk Formasi di luar Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan di Sumatra sejumlah 228 diutamakan pendaftar yang berdomisili di luar Pulau Jawa.

V. TATA CARA PENDAFTARAN CPNS BPK RI
1. Pendaftaran seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil BPK melalui Portal Panitia Seleksi Nasional melalui laman https://sscn.bkn.go.id/ mulai 11 September s.d. 25 September 2017.
2. Pelamar dapat login dan mengunggah kelengkapan dokumen lamaran secara online tanpa pengiriman berkas (paperless) pada laman BPK melalui https://cpns.bpk.go.id, minimal 24 Jam setelah mendaftar di https://sscn.bkn.go.id/ dengan mekanisme sebagai berikut:

a. Pelamar membaca pengumuman dan panduan pelamar;
b. Mengunggah berkas sebagai berikut:


c. Proses unggah berkas dapat dilakukan dari tanggal 12 September s.d 26 September 2017.
d. Proses penguncian (locked) paling lambat dilakukan tanggal 27 September 2017 Pukul 24.00 WIB, pelamar yang tidak mengunci pada tanggal tersebut dinyatakan tidak dapat mengikuti proses seleksi administrasi;

3. Pelamar harus dapat menunjukkan ijazah asli pada saat pengesahan Kartu Peserta Ujian (KPU), bagi yang tidak dapat menunjukkan ijazah asli dinyatakan gugur tahapan seleksi.
4. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan dan tidak memenuhi kriteria berikut ini dinyatakan gugur tahapan seleksi.

a. Ukuran Pasfoto selain 4x6, dianggap Tidak Memenuhi Syarat.
b. Pelamar diwajibkan mengunggah seluruh halaman transkrip S1.
c. Pelamar tidak diperbolehkan mengunggah SKL dan/atau transkrip sementara.
d. Berkas unggahan yang tidak dapat terbaca oleh panitia dianggap Tidak Memenuhi Syarat.

VI. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI CPNS BPK RI

1. Seleksi Penerimaan CPNS dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:

a. Seleksi Administratif;
b. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT);
c. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari :

1) Psikiatri;
2) Tes Psikologi Lanjutan.

2. Penilaian hasil akhir seleksi yang dinyatakan lolos berdasarkan bobot sebagai berikut:

a. SKD dengan bobot 40 % (lolos passing grade);
b. SKB dengan bobot 60 % dengan masing-masing :

1) Psikiatri 30 96;
2) Tes Psikologi Lanjutan 70 %.

3. Pelamar yang dinyatakan lulus untuk mengikuti tahap berikutnya hanya akan diumumkan melalui laman CPNS BPK https://cpns.bpk.go.id
4. Pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS akan dilaksanakan di 9 (sembilan) lokasi ujian yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Manado dan Jayapura berdasarkan pilihan lokasi ujian sebagaimana tercantum dalam laman Penerimaan CPNS BPK.
5. Pelamar yang lulus seleksi administrasi dan Jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar serta Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang akan diinformasikan lebih lanjut melalui laman CPNS BPK.
6. Seleksi Penerimaan CPNS per tahap seleksi dilakukan dengan sistem gugur dan Keputusan kelulusan yang ditetapkan oleh Panitia tidak dapat diganggu gugat.
7. Integrasi Nilai SKD dan SKB berdasarkan Permenpan Nomor 20 Tahun 2017.
8. Jadwal Seleksi CPNS BPK



VII. LAIN-LAIN
  1. Pelamar yang mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil BPK tidak dipungut biaya. 
  2. Dihimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain. 
  3. Pelamar yang dinyatakan lulus pada tahap terakhir dan akan diangkat menjadi CPNS BPK wajib menyerahkan Ijazah Asli sesuai formasi untuk disimpan pada Biro SDM BPK selama 5 (lima) tahun. 
  4. Setelah diumumkan hasil seleksi tahap akhir penerimaan CPNS Pada Pelaksana BPK jika diketahui adanya data yang tidak benar, BPK akan membatalkan kelulusan/proses pengusulan menjadi CPNS atau memberhentikan sebagai CPNS serta melakukan proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku. 
  5. Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri/digugurkan, maka Panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik dibawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat. 
  6. Panitia Penerimaan CPNS Pada Pelaksana BPK RI tidak menerima dokumen persyaratan secara langsung maupun melalui jasa pengiriman. 
  7. Informasi resmi yang terkait dengan Penerimaan CPNS pada pelaksana BPK Tahun Anggaran 2017 adalah : 
a. Laman CPNS BPK RI https://cpns.bpk.go.id
b. Nomor Telpon: (021) 25549000 ext. 2229 setiap hari kerja (jam 09.00 - 15.00 WIB)
c. Surat Elektronik: panitiacpns@bpk.go.id
d. Twitter @CPNSBPK setiap hari kerja (jam 09.00 - 15.00 WIB).

VIII. PENEMPATAN CPNS BPK RI
  1. Calon Pegawai Negeri Sipil hasil penerimaan Tahun Anggaran 2017 akan ditempatkan pada Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan BPK di seluruh Indonesia untuk mengisi kebutuhan sumber daya manusia sesuai formasi yang ditetapkan. 
  2. Bagi Pelamar yang telah dinyatakan diterima dan diangkat sebagai CPNS, yang bersangkutan tidak dapat menolak/menunda penempatan dengan alasan apapun dan tidak diperkenankan mengajukan pemindahan tempat tugas selama masa ikatan wajib kerja 5 (lima) tahun. 
Download:

0 comments:

Post a Comment