Jalan Tol Brebes Timur - Semarang Bisa Digunakan untuk Mudik 2017

Pengalaman mudik tahun tahun lalu diwarnai adanya kemacetan parah di pintu tol Brebes Timur atau atau lebih dikenal dengan tragedi Brexit. Puluhan ribu pemudik terjebak kemacetan hingga 20 jam hingga mengakibatkan beberapa orang meninggal karena kelelahan.

Potensi kemacetan mudik tahun 2017 ini diperkirakan akan beralih ke pintu keluar tol Pemalang atau yang biasa disebut Pangxit.

Namun demikian pemerintah sudah merencanakan secara fungsional jalan tol Brebes Timur - Pemalang - Batang - Semarang. Hal itu sekaligus memecah titik distribusi arus keluar tol para pemudik, tidak hanya terfokus di Pemalang saja namun juga di pintu keluar tol Kabupaten Tegal, Pekalongan, dan Batang. Sehingga kemacetan parah saat di Brexit bisa dihindari dan diharapkan tidak terulang kembali di Pangxit.

Rencana Fungsional Jalan Tol Brebes Timur - Ngaliyan

Beroperasinya jalan tol Brebes Timur - Ngaliyan Semarang meskipun secara terbatas (fungsional) diyakini akan memperlancar arus mudik 2017. Di Weleri lalu lintas keluar sepanjang 3 Km dan masuk kembali menuju Ngaliyan. Jalur fungsional Brebes s/d Ngaliyan yang berjarak sepanjang 148 Km ini juga akan dilengkapi dengan rest area tempat istirahat (TI) sementara.


Lokasi exit tol sementara tol yang rencananya dapat digunakan pada arus mudik 2017 :
  1. Exit Ujung Rusi (Tegal)
  2. Exit Karang Jati (Tegal)
  3. Exit Warureja (Tegal)
  4. Exit Sewaka (Pemalang)
  5. Exit Beji (Pemalang)
  6. Exit Bojong (Pekalongan)
  7. Exit Tulis (Batang)
  8. Exit Banyu Putih (Batang) 
  9. Exit Mentosari (Kendal)
  10. Exit Gringsing (Kendal) - Entrance Weleri (Kendal)
  11. Exit Margomulyo (Kendal)
  12. Exit Kaliwungu (Semarang)
  13. Exit Ngaliyan (Semarang)
Lokasi Tempat Istirahat (TI) Sementara sudah ditentukan, yakni:
  1. Ruas Pejagan Pemalang: TI 296A, 303B, 311A
  2. Ruas Pemalang Batang: TI 341+600 ddan TI 367+200 (jalur A)
  3. Ruas Batang - Semarang: TI 402 (jalur B)
Fasilitas pendukung rest area pada ruas Batang Semarang berlokasi di Desa Candiareng. Kecamatan Warungasem, Batang. Meskipun bersifat darurat rest area ini sudah dilengkapi MCK, mushola dan tempat makan minum.

0 comments:

Post a Comment