Semua Tentang Paskibraka

Syarat Menjadi Anggota Paskibraka

Ketentuan tentang Paskibraka diatur dalam Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga RI No.0065 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pasukan Pengibar Benders Pusaka (PASKIBRAKA).

PASKIBRAKA merupakan Putra Putri terbaik bangsa, kader pemimpin bangsa yang direkrut dan diseleksi secara bertahap  dan berjenjang

Sistem dan Mekanisme :

Penanaman nilai kebangsaan, penguatan aspek fisik dan mental agar memiliki kemampuan prima dalam melaksanakan tugas sebagai pasukan pengibar bendera pusaka.

REKRUTMEN dan SELEKSI

Rekrutment dan Seleksi calon peserta paskibraka dilakukan dari tingkat sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional

- Tingkat Kabupaten/Kota
Materi seleksi meliputi tes tertulis, wawancara, baris-berbaris, kesegaran jasmani/olahraga, kesenian dan lain-lain. Apabila lulus maka akan maju ke seleksi tingkat Provinsi.

- Tingkat Provinsi
Gabungan peserta hasil seleksi tingkat Kab/Kota. Materi seleksi hampir sama namun dengan bobot lebih tinggi. Apabila lulus maka akan bertugas di tingkat Provinsi dan bagi yang tidak berhasil ditugaskan di tingkat Kab/Kota. Peserta yang lulus seleksi dipilih dua pasang (2 putra dan 2 putri) terbaik untuk mengikuti seleksi tingkat Nasional.

- Tingkat Nasional
Hasil seleksi tingkat Provinsi dipilih satu pasang terbaik untuk bertugas menjadi anggota PASKIBRAKA ditingkat Nasional. Bagi calon peserta PASKIBRAKA yang lulus seleksi akan dididik dan mengikuti pemusatan latihan PASKIBRAKA untuk bertugas di Istana Merdeka, sedangkan yang tidak lulus seleksi akan ditugaskan menjadi anggota PASKIBRAKA tingkat Provinsi.

Pasukan Pengibar Bendera Paskibraka 2017


SYARAT MENJADI ANGGOTA PASKIBRAKA
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Sehat Jasmani dan Rohani
  3. Tidak buta warna
  4. Memiliki tinggi ddan berat badan ideal
  5. Masih kelas X SLTA saat seleksi di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi. Duduk di kelas XI SLTA saat penugasan 17 Agustus
  6. Lulus seleksi sesuai dengan jenjang tingkat seleksi
  7. Bersedia mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan
  8. Memiliki surat ijin dari kepala sekolah dan orang tua/wali
  9. memiliki prestasi akademik yang baik

JADWAL SELEKSI ANGGOTA PASKIBRAKA

Jadwal seleksi anggota PASKIBRAKA dilakukan secara bertahap dari tingkat Ka-bupaten / Kota, Provinsi dan Nasional. Seleksi PASKIBRAKA tingkat Kabupaten/Kota selambat-lambatnya dilaksanakan akhir bulan April.

Seleksi untuk tingkat Provinsi harus sudah selesai pada tanggal 22 Mei tahun berjalan. Nama-nama calon PASKIBRAKA tingkat Nasional dari Provinsi harus sudah masuk ke panitia tingkat Nasional pada tanggal 22 Mei tahun berjalan dan paling lambat tanggal 27 Mei tahun berjalan.

Bagi Provinsi yang tidak mengirimkan nama-ama calon PASKIBRAKA sampai tanggal yang telah ditentukan dianggap tidak mengirimkan wakilnya. Seleksi peserta calon PASKIBRAKA tingkat Nasional dilaksanakan pada bulan Juni tahun berjalan.

Paskibraka
FORMASI PENGIBARAN DAN PENURUNAN BENDERA PUSAKA MERAH PUTIH

Formasi pengibaran dan penurunan bendera pusaka dibagi menjadi tiga kelompok yaitu 17 - 8 - 45

Kelompok 17
Kelompok 17 berposisi di paling depan sebagai pemandu/pengiring. Dipimpin oleh satu komandan kelompok (Danpok). Kelompok 17 ini seluruhnya merupakan anggota PASKIBRAKA.


Kelompok 8
Kelompok 8 berposisi dibelakang kelompok 17 sebagai pasukan inti dan pembawa bendera.Terdapat anggota TNI atau POLRI sebagai pengawal dan 2 putri PASKIBRAKA sebagai pembawa bendera (sekarang hanya satu pembawa bendera).

Pasukan 45
Pasukan 45 berposisi dibelakang kelompok 8 sebagai pasukan pengawal/pengaman dan merupakan anggota dari TNI/POLRI dengan senjata lengkap. Untuk tingkat Nasional, pasukan 45 terdiri dari anggota paspampres. 

Pasukan yang melakukan pengibaran/penurunan bendera dipimpin oleh komandan pasukan (DANPAS) disebelah kanan Komandan kelompok (Danpok) 17. Danpas merupakan perwira TNI/POLRI minimal berpangkat Letnan/Inspektur hingga Kapten/Ajun Komisaris Polisi (AKP)

2 comments: