Perolehan Medali Indonesia Sepanjang Mengikuti Olimpiade


Perolehan Medali Indonesia sepanjang keikutsertaan dalam Olimpiade :

Olimpiade Helsinki 1952 (Finlandia)
Oumpiade yang pertama kali Indonesia ikuti

Olimpiade Seoul 1988 (Korea Selatan)
Pertama kalinya Indonesia sukses dapat medali (medali perak) sejak tahun 1952 melalui Trio pemanah Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani. Kisa mereka di filmkan dengan judul 3 Srikandi (2016) yang dibintangi Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, Tara Basro dan Reza Rahadian.

Olimpiade Barcelona 1992 (Spanyol) 
Pertam kalinya Indonesia memperoleh emas lewat Susi Susanti dan ALan Budikusma. Tim bulutangkis Indonesia sukses membawa pulang 5 medali dengan 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Olimpiade Sydney 2000 (Australia)
Medali terbanyak yang diperoleh Indonesia sepanjang sejarah olimpiade dengan perolehan 1 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Emas diperoleh pasangan ganda putra Tony Gunawan dan Candra Wijaya.

Olimpiade Athena 2004 (Yunani)
Medali dari cabang bulutangkis dan angkat besi dengan hasil 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Emas dipersembahkan oleh tungga putra Taufik Hidayat.

Olimpiade Beijing 2008 (China)
Perolehan medali dari cabang bulutangkis dan angkat besi dengan perolehan 1 emas, 1 perak dan 4 perunggu. Emas diperoleh pasangan Markis Kido dan Hendra Setiawan.

Olimpiade London 2012 (Inggris)
Perolehan medali dari cabang angkat besi dengan 1 perak dan 1 perunggu.

Olimpiade Rio 2016 (Brazil)
Perolehan dari cabang bulutangkis dan angkat besi dengan perolehan 1 emas 2 perak. Ganda campuran menjadi penyelamat dengan raihan emas atas nama pasangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.


0 comments:

Post a Comment