100 Perusahaan Penjual Senjata Terbesar di Dunia

Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) tanggal 14 Desember 2015 merilis data penjualan senjata di dunia periode 2013-2014 di seluruh dunia. Institusi penelitian konflik, persenjataan, pengawasan, dan pelucutan senjata yang bermarkas di Stockholm Swedia tersebut mengungkapkan penjualan senjata masih dikuasai Eropa Barat dan Amerika Serikat (AS).

Seperti tahun 2013, perusahaan yang meraup untung terbesar ialah Lockheed Martin yang bermarkas di Bethesda, Maryland, AS. Pada 2014, penjualan senjata perusahaan AS itu telah meningkat 3,9% dan omzet penjualannya mencapai US$37,5 miliar.

Meskipun masih mendominasi pasar, perusahaan-perusahaan asal Barat itu mengalami penurunan penjualan. Pasalnya, banyak perusahaan asal Rusia dan negara Asia yang mulai masuk ke area penjualan senjata di dunia.

Data SIPRI menunjukkan Eropa Barat dan AS masih mendominasi 100 perusahaan terbesar dengan mengambil alih 80% pasar dunia. Namun, mereka mengalami penurunan penjualan sebanyak 3,2% pada periode 2013-2014. Penurunan tersebut disebabkan negara-negara Eropa Barat saat ini sedang mengurangi anggaran pertahanan.

Sebaliknya sebanyak 36 perusahaan Rusia dan negara Asia muncul menggeser dominasi yang sudah berlangusng lama. Penjualan mereka naik sekitar 25%, separuhnya dari perusahaan Rusia.
Berdasarkan laporan SIPTI pertumbuhan pendapatan tahunan dari 11 perusahaan Rusia pada 2014 mencapai 48,4% jika digabungkan.

Salah satu perusahaan senjata terbesar Rusia ialah Almaz-Antey. Perusahaan itu berada di peringkat 11 dunia dengan penjualan mencapai US$8,84 miliar pada tahun lalu. Almaz-Antey ialah perusahaan memproduksi rudal BUK, yang diduga digunakan untuk menembak jatuh Maskapai Malaysia Airlines Boeing 777 pada 17 Juli, 2014, di wilayah udara Ukraina.

Produksi persenjataan perusahaan Rusia sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan militer Rusia sendiri. Namun, perlengkapan militer Rusia juga diekspor ke negara-negara sekutunya, China dan India.

Satu yang menjadi catatan, tidak ada satupun perusahaan China yang masuk dalam daftar. Ha itu dikarenakan sulitnya mengakses data penjualan senjata negeri Tirai Bambu tersebut.

Daftar 100 Perusahaan dengan Penjualan Senjata Terbesar (dalam miliar dollar)


0 comments:

Post a Comment